Marketing Public Relations & Corporate Public Relations

by


Marketing Public Relations
&
 Corporate Public Relations
Menurut Thomas L. Harris (The Marketer’s Guide to Public Relations) Marketing Public Relations adalah Sebuah proses perencanaan dan pengevaluasian program yang merangsang penjualan dan pelanggan. Hal tersebut dilakukan melalui pengkomunikasian informasi yang kredibel dan kesan-kesan yang dapat menghubungkan perusahaan, produk dengan kebutuhan serta perhatian pelanggan.
Thomas L. Harris Melihat praktek-praktek public relations  pada kegiatan pemasaran, menyarankan agar para praktisi dapat memisahkan kegiatan yang menjadi bagian marketing (Marketing Public Relations atau MPR) dan kegiatan yang menjadi bagian dari tingkat korporat (Corporate Public Relations  atau CPR).
Sedangkan menurut Rhenald Kasali Marketing Public Relations adalah bagian dari kegiatan pemasaran, penanggung jawab tertingginya adalah manajer pemasaran, dan objective dari kegiatan Marketing Public Relations (MPR) adalah mendukung objective di bidang pemasaran.
Corporate Public Relations
-          Corporate Public Relations (CPR) memang murni di bidang public relations.
-          Levelnya adalah level korporat, CPR dekat dengan CEO karena CPR mempunyai tugas yang sangat sensitif, yakni menjaga kepuasan para stakeholders termasuk pemegang saham dan pemerintah.
-          Lebih jauh lagi CPR bertanggung jawab terhadap pencegahan dan pemecahan krisis yang dapat mematikan perusahanan
Ruang Lingkup MPR
-          Memposisikan perusahaan sebagai “leader” atau “expert
-           Membangun kepercayaan (confidence and trust) konsumen
-          Memperkenalkan produk baru
-           Menghapus, meluncurkan kembali (relaunch) produk-produk yang sudah dewasa (mature)
-          Mengkomunikasikan keuntungan-keuntungan produk lama
-          Mempromosikan cara-cara pemakaian baru atas produk yang sudah dikenal
-           Melibatkan,menggerakkan masyarakat terhadap produk kita
-           Menjangkau “secondary markets
-           Menekankan pasar yang lemah
-           Memperluas jangkauan iklan
-          Menyebarkan berita sebelum beriklan
-           Membuat iklan lebih berbunyi (menjadi bahan pembicaraan)
-          Menjelaskan ”product story”dengan lebih detail
-           Memperoleh publisitas atas produk-produk yang tidak boleh diiklankan
-           Memperoleh pemberitaan televisi atas produk-produk yang tabu diiklankan di TV
-          Mengetes konsep pemasaran
-           Mengidentifikasikan produk (merek) dengan nama perusahaan
-           Mendapatkan dukungan konsumen dengan menjelaskan misi perusahaan
-           Mendorong motivasi tenaga-tenaga penjual (sales force)
-           Memperoleh dukungan dari para penyalur
Ruang Lingkup CPR
  1. Hubungan dengan Pemerintah (Government Relations) :
  Lobi
  Mempercepat dukungan-dukungan moril
  Ijin-ijin legal lainnya
  1. Hubungan dengan Komunitas :
  Masalah Polusi
  Masalah Keamanan
  Masalah fasilitas-fasilitas sosial
  Keterlibatan komunitas
  Menjadi warga kota/negara yang baik
  1. Hubungan dengan Media :
  Press Release
  Press Conference
  Media Tour
  Interview
  Jurnalisme Foto
  1. Hubungan dengan Karyawan :
  Moral kerja
  Citra karyawan
  Budaya Perusahaan
  Filosofi perusahaan
  Media internal
  Dukungan karyawan atas produk-produk perusahaan
  Kegiatan-kegiatan karyawan
  1. Hubungan dgn Pemegang Saham
  1. Hubungan dgn Bank
  1. Hubungan dgn Pemimpin-pemimpin Opini
  1. Hubungan dengan Akademisi
  1. Mengatasi Krisis :
  Ketika perusahaan menurun
  Krisis yang meluas
Peranan MPR & CPR
Peranan MPR
  Program Marketing Public Relations (MPR) merupakan upaya untuk merangsang (push) pembelian dan sekaligus dapat memberikan nilai-nilai (added value) atau kepuasan bagi pelanggan (satisfactied customer) yang telah menggunakan produknya
  Di sisi lain melalui kiat PR dalam menyelenggarakan komunikasi timbal balik dua arah yang didasari oleh informasi dan pesan-pesan yang dapat dipercaya, diharapkan dapat menciptakan kesan-kesan yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya
= Lebih efektif dan efisien dalam penggunaan pembiayaan publikasi
= Melengkapi promosi periklanan.
= Meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) dari pesan-pesan yang disampaikan melalui jalur public relations
= Kampanye iklan mempunyai kecenderungan keterbatasaan  pada ruang (space) dan waktu (timely) yang tersedia di media elektronik dan media cetak,
-          Menumbuhkembangkan kesadaran konsumennya terhadap produk yang tengah diluncurkan
-          Membangun kepercayaan konsumen terhadap citra perusahaan atau manfaat (benefit) atas produk yang ditawarkan /digunakan
-           Mendorong antusiasme (sales force) melalui suatu artikel sponsor (advertorial) tentang kegunaan atau manfaat suatu produk
-          Menekan biaya promosi iklan komersial, baik di media elektronik maupun media cetak
-          Komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen, termasuk upaya mengatasi keluhan-keluhan (complaint handling)  demi tercapainya kepuasan pihak pelanggan
-          Membantu kampanye peluncuran produk-produk baru dan sekaligus merencanakan perubahan posisi produk yang lama.
-          Mengkomunikasikan terus-menerus melaui media PR (House PR Journal) tentang aktivitas dan program kerja
-          Membina dan mempertahankan citra perusahaan  atau produk barang dan jasa, baik segi kuantitas maupun kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen
-          Proaktif dalam menghadapi  suatu kejadian negatif yang mungkin akan muncul di masa mendatang, misal : krisis kepercayaan, menurunnya citra perusahaan hingga risiko terjadinya krisis manajemen, krisis moneter, krisis multinasional dsb.
Peranan CPR
  Menumbuhkembangkan citra positif perusahaan (corporate image) terhadap publik eksternal atau masayarakat luas, demi tercapainya saling pengertian bagi kedua belah pihak
  Membina hubungan yang positif antar karyawan (employee relations), dan antara karyawan dengan pimpinan atau sebaliknya, sehingga akan tumbuh corporate culture (budaya perusahaan) yang mengacu kepada disiplin dan motivasi kerja, profesionalisme yang tinggi, serta memiliki sense of belonging terhadap perusahaan yang baik
= Pemberian berbagai macam hadiah menarik, souvenir, gift ways pada acara-acara tertentu (special events & PR work programme)
= Pelaksanaan seminar, presentasi dan lokakarya dengan tema dan pembicara yang menarik melalui acara sponsorship atau kerja sama dengan pihak pers dan lembaga lainnya.
= Kepedulian terhadap lingkungan hidup, social and environment care, serta bidang kesejahteraan masyarakat lainnya.
= Membentuk membership yang keanggotannya terdiri konsumen yang setia untuk membentuk suatu kegiatan sebagai pengikat melalui funs clubs lain sebagainya