Marketing Public Relations & Corporate Public Relations
by Unknown
Marketing Public Relations
&
Corporate Public Relations
&
Corporate Public Relations
Menurut Thomas L. Harris (The Marketer’s Guide to Public Relations) Marketing
Public Relations adalah
Sebuah proses perencanaan dan pengevaluasian program yang merangsang
penjualan dan pelanggan. Hal
tersebut dilakukan melalui pengkomunikasian informasi yang kredibel dan
kesan-kesan yang dapat menghubungkan perusahaan, produk dengan kebutuhan serta
perhatian pelanggan.
Thomas L. Harris Melihat
praktek-praktek public relations pada kegiatan pemasaran, menyarankan agar para
praktisi dapat memisahkan kegiatan yang menjadi bagian marketing (Marketing
Public Relations atau MPR)
dan kegiatan yang menjadi bagian dari tingkat korporat (Corporate Public
Relations atau CPR).
Sedangkan menurut Rhenald Kasali Marketing
Public Relations adalah bagian dari kegiatan pemasaran, penanggung jawab
tertingginya adalah manajer pemasaran, dan objective dari kegiatan Marketing
Public Relations (MPR) adalah mendukung objective di bidang
pemasaran.
Corporate Public Relations
-
Corporate Public Relations (CPR) memang
murni di bidang public relations.
-
Levelnya adalah level korporat, CPR dekat dengan
CEO karena CPR mempunyai tugas yang sangat sensitif, yakni menjaga kepuasan
para stakeholders termasuk pemegang saham dan pemerintah.
-
Lebih jauh lagi CPR bertanggung jawab terhadap
pencegahan dan pemecahan krisis yang dapat mematikan perusahanan
Ruang Lingkup MPR
-
Memposisikan perusahaan sebagai “leader”
atau “expert”
-
Membangun kepercayaan (confidence
and trust) konsumen
-
Memperkenalkan produk baru
-
Menghapus, meluncurkan kembali (relaunch)
produk-produk yang sudah dewasa (mature)
-
Mengkomunikasikan keuntungan-keuntungan produk
lama
-
Mempromosikan cara-cara pemakaian baru atas
produk yang sudah dikenal
-
Melibatkan,menggerakkan masyarakat terhadap produk
kita
-
Menjangkau “secondary markets”
-
Menekankan pasar yang lemah
-
Memperluas jangkauan iklan
-
Menyebarkan berita sebelum beriklan
-
Membuat iklan lebih berbunyi (menjadi
bahan pembicaraan)
-
Menjelaskan ”product story”dengan lebih
detail
-
Memperoleh publisitas atas
produk-produk yang tidak boleh diiklankan
-
Memperoleh pemberitaan televisi atas
produk-produk yang tabu diiklankan di TV
-
Mengetes konsep pemasaran
-
Mengidentifikasikan produk (merek)
dengan nama perusahaan
-
Mendapatkan dukungan konsumen dengan
menjelaskan misi perusahaan
-
Mendorong motivasi tenaga-tenaga
penjual (sales force)
-
Memperoleh dukungan dari para penyalur
Ruang Lingkup CPR
- Hubungan dengan Pemerintah (Government Relations) :
Lobi
Mempercepat
dukungan-dukungan moril
Ijin-ijin
legal lainnya
- Hubungan dengan Komunitas :
Masalah
Polusi
Masalah
Keamanan
Masalah
fasilitas-fasilitas sosial
Keterlibatan
komunitas
Menjadi
warga kota/negara yang baik
- Hubungan dengan Media :
Press
Release
Press
Conference
Media
Tour
Interview
Jurnalisme
Foto
- Hubungan dengan Karyawan :
Moral
kerja
Citra
karyawan
Budaya
Perusahaan
Filosofi
perusahaan
Media
internal
Dukungan
karyawan atas produk-produk perusahaan
Kegiatan-kegiatan
karyawan
- Hubungan dgn Pemegang Saham
- Hubungan dgn Bank
- Hubungan dgn Pemimpin-pemimpin Opini
- Hubungan dengan Akademisi
- Mengatasi Krisis :
Ketika
perusahaan menurun
Krisis
yang meluas
Peranan MPR & CPR
Peranan MPR
Program
Marketing Public Relations (MPR) merupakan upaya untuk merangsang (push)
pembelian dan sekaligus dapat memberikan nilai-nilai (added value)
atau kepuasan bagi pelanggan (satisfactied customer) yang telah
menggunakan produknya
Di
sisi lain melalui kiat PR dalam menyelenggarakan komunikasi timbal balik dua
arah yang didasari oleh informasi dan pesan-pesan yang dapat dipercaya,
diharapkan dapat menciptakan kesan-kesan yang positif terhadap lembaga yang
diwakilinya
= Lebih efektif
dan efisien dalam penggunaan pembiayaan publikasi
= Melengkapi
promosi periklanan.
= Meningkatkan
kredibilitas (kepercayaan) dari pesan-pesan yang disampaikan melalui jalur public
relations
= Kampanye iklan
mempunyai kecenderungan keterbatasaan
pada ruang (space) dan waktu (timely) yang tersedia di
media elektronik dan media cetak,
-
Menumbuhkembangkan kesadaran konsumennya
terhadap produk yang tengah diluncurkan
-
Membangun kepercayaan konsumen terhadap citra
perusahaan atau manfaat (benefit) atas produk yang ditawarkan /digunakan
-
Mendorong antusiasme (sales force)
melalui suatu artikel sponsor (advertorial) tentang kegunaan atau
manfaat suatu produk
-
Menekan biaya promosi iklan komersial, baik di
media elektronik maupun media cetak
-
Komitmen untuk meningkatkan pelayanan kepada
konsumen, termasuk upaya mengatasi keluhan-keluhan (complaint handling) demi tercapainya kepuasan pihak pelanggan
-
Membantu kampanye peluncuran produk-produk baru
dan sekaligus merencanakan perubahan posisi produk yang lama.
-
Mengkomunikasikan terus-menerus melaui media PR
(House PR Journal) tentang aktivitas dan program kerja
-
Membina dan mempertahankan citra perusahaan atau produk barang dan jasa, baik segi
kuantitas maupun kualitas pelayanan yang diberikan kepada konsumen
-
Proaktif dalam menghadapi suatu kejadian negatif yang mungkin akan
muncul di masa mendatang, misal : krisis kepercayaan, menurunnya citra
perusahaan hingga risiko terjadinya krisis manajemen, krisis moneter, krisis
multinasional dsb.
Peranan CPR
Menumbuhkembangkan
citra positif perusahaan (corporate image) terhadap publik eksternal
atau masayarakat luas, demi tercapainya saling pengertian bagi kedua belah
pihak
Membina
hubungan yang positif antar karyawan (employee relations), dan antara
karyawan dengan pimpinan atau sebaliknya, sehingga akan tumbuh corporate
culture (budaya perusahaan) yang mengacu kepada disiplin dan motivasi
kerja, profesionalisme yang tinggi, serta memiliki sense of belonging terhadap
perusahaan yang baik
= Pemberian
berbagai macam hadiah menarik, souvenir, gift ways pada acara-acara
tertentu (special events & PR work programme)
= Pelaksanaan seminar, presentasi dan
lokakarya dengan tema dan pembicara yang menarik melalui acara sponsorship
atau kerja sama dengan pihak pers dan lembaga lainnya.
= Kepedulian terhadap lingkungan hidup, social
and environment care, serta bidang kesejahteraan masyarakat lainnya.
= Membentuk membership yang
keanggotannya terdiri konsumen yang setia untuk membentuk suatu kegiatan
sebagai pengikat melalui funs clubs lain sebagainya
Makasih infonya :)
ReplyDeleteTerimakasih banyak
ReplyDelete?
ReplyDelete