Komunikasi Sebagai Methode Pencerahan

by

Dalam gelora palu godam kemajuan sains yang dimanifestikan lewat kemudahan-kemudahan serta kenikmatan yang disodorkan oleh kemajuan tekhnologi telah mendesak peranan serta fungsi dakwah untuk mampu bersaing dengan rangsangan-rangsangan tekhnilogi tersebut. hal ini didasarkan pada pola pemikiran kita bahwa kita belum dapat menerima sepenuhnya suatu adagium yang menyatakan bahwa tekhnologi itu netral.
inovasi baru dalam bidang media komunikasi yang paliong mutakhir, misalnya dalam hal pendayagunaan satelit telah membawa konsekuensi baru dalam hal pemberian rangsangan terhadap persepsi dan tingkah laku manusia. ini menyebabkan manusia lebih sensitif (highly sensitived) terhadap informasi.bahkan informasi tersebut merupakan salah satu kebutuhan pokok disamping kebutuhan sandang, pangan, dan papan.
perlu kita ketahui bahwa tujuan final dari suatu komunikasi adalah meminta adanya suatu partisipasi dari pihak komunikan dengan perubahan sikap tertentuyang akan melaksanakan tujuan yang diharapkan komunikator.
didalam proses komunikasi, apabila lambang-lambang (pesan) sudah diartikan atau ditafsirkan sama (convergen) selanjutnya tujuan komunikasi adalah terwujudnya partisipasi dalam bentuk perubahan atau pembentukan sikap dari komunikan sesuai dengan tujuan yang ditentukan oleh pihak komunikator.